04 Maret 2020 17:42:43
Ditulis oleh Admin

Study Banding BUMDes Mliwang ke Bumdesma Sumbergempol Tulungagung

Dalam rangka merintis BUMDes Karya Manunggal Desa Mliwang Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban, Pemerintah Desa Mliwang, Pengurus BUMDes Mliwang dan seluruh pengurus lembaga kemaysarakatan Desa Mliwang mengadakan study banding dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan, Pengembangan UKM Untuk BUMDes di Bumdesma Sumbergempol Kabupaten Tulungangung Jawa Timur.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 4 Maret 2020 tersebut Pengurus BUMDes Karya Manunggal mengikuti seluruh rangkaian sekaligus kunjungan ke berbagai homeindustri yang berada di beberapa desa di Kecamatan Sumbergempol. Dari homeindustri itulah bisnis yang dikelola oleh BUMDesma untuk di pasarkan melalui media offline maupun online. "kami sangat terinspirasi dan tertarik dengan pemaparan dan bebrapa homeindustri yang kami kunjungi selama dua hari ini. semoga di BUMDes kami bisa meniru kesuksesan seperti BUMDesma Sumbergempol yang di rintis sejak tahun 2009 ini" Ungkap Direktur BUMDes Karya Manunggal Desa Mliwang Ahmad Mashudi.

Sejak tahun 2009 BUMDesma Sumbergempol di rintis, yang dulunya dibawah bendera PNPM. Kami hanya menerima gaji Rp. 300.000, itu kami tekuni dengan teman-teman, dan alhamdulillah sekarang sudah bisa mengikuti UMK. Terang Direktur BUMDesma Sumbergempol Heru Setiawan. Dengan menggandeng Homeindustri kita lebih bisa nyaman, karena kita bisa memasarkan hasil produksi mereka, seperti dari kerajinan tas, pembuatan sapu, dan masih banyak dari beberapa usaha di desa yang berada di Kecamatan Sumbergempol ini" Lanjut pria tampan tersebut.

Study Banding yang di sponsori atau dari Program CSR PT. Solusi Bangun Indonesia - Pabrik Tuban itu juga dihadiri oleh  Direktur Bumdes Tamanharjo sekaligus Direktur Bumdesma Singosari Kabupaten Malang yakni Agus Sudrikamto sebagai narasumber pelatihan. BUMDes bisa berkembang dengan maksimal itu minimal tiga unsur ini harus sejalan, yaitu Kepala Desa, BPD dan Pengurus BUMDes. dan ketika sudah berjalan minimal tiap tahun bertambah satu unit usaha" Jelas pria yang menjelang pensiun itu.

Dari Pemeritah Desa Mliwang sendiri juga banyak harapan. sesuai yang di sampaikan Kepala Desa Mliwang. "Semoga dari Study Banding kita hari ini membawa buah yang banyak. Sehingga BUMDes kita bisa maju, walaupun semua usaha yang kita kunjungi tidak bisa kita terapkan di desa kami. tapi terkait management bisa kita aplikasikan" tutur Kepala Desa Siti Mahfudhoh.  @Ej


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus